hot

Jumat, 24 Januari 2014

HANDUK DENGAN FANCY BORDER

Barangkali semua sudah mengetahui tentang Fancy Border yang terdapat pada handuk, namun saya akan coba sedikit bahas pada post ini, Apabila kita meletakan handuk secara melintang kearah vertikal, maka ada bidang yang lebarnya sekitar 5 atau 7 cm dengan tema berbeda dibanding dengan permukaan handuk lainnya itulah yang disebut Fancy Border.

Fancy border ini bisa diisi oleh motif tertentu, vector ,berupa tulisan atau logo atau hanya berbentuk anyaman benang saja, ada yang berwarna sama dengan latar handuk namun tak jarang memiliki warna yang berbeda baik warna yang searah atau mungkin berbeda sama sekali dengan latar handuk.

Apabila dilihat dari mesin yang digunakan untuk membuat fancy border ini, dapat dibagi menjadi 2 jenis utama, yaitu :

1.Fancy border untuk handuk yang dibuat dengan menggunakan mesin tenun dengan instrument pelengkap berupa mesin dobby, ini bisa dilihat dari bentuk fancy border itu sendiri dimana apabila menggunakan mesin dobby, maka akan berbentuk anyaman atau silangan benang saja tanpa ada motifnya.

2.Fancy border dengan menggunakan mesin tenun dengan instrument mesin jaquard, fancy border handuk ini akan kelihatan lebih variatif dengan motif atau tema berupa gambar atau tulisan. Ini dimungkinkan karena prinsip kerja mesin jaquard yang dapat secara mekanis mengatur turun naiknya benang sehingga membentuk konfigurasi benang warna sesuai yang diinginkan.

Namun dari proses penggunaan bahan baku benang untuk fancy border, dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

Benang pada Fancy border menggunakan benang berjenis sama dengan yang digunakan pada benang lusi/latar handuk sehingga efek warna otomatis akan sama, yang membedakannya hanya bentuk anyamannya saja. Benang yang digunakan pada fancy border pada handuk berbeda bahan bakunya dengan benang pada latar handuk, mis. latar menggunakan benang 100 % serat alami yaitu kapas, sedang pada fancy border menggunakan benang serat syntetic, hal ini sengaja dibuat demikian rupa diharapkan setelah proses celup akan terjadi perbedaan efek warna antara latar handuk dengan fancy border, mengapa demikian ?...perlu diketahui bahwa kimia untuk proses celup benang dengan serat alami/kapas akan mempunyai dampak yang berbeda efeknya apabila digunakan pada benang dengan serat syntetic misalnya PE, Polyester dsb karena perbedaan daya serap kimia celup yang berbeda pula. Pada saat proses celup, perlakuan atau resep kimia celup pasti akan menggunakan resep celup cotton karena dalam hal ini cotton sebagai aspek yang dominan, namun karena fancy border ini menggunakan benang syntetic, maka hasil yang diperoleh akan berbeda efek warnanya, tidak menjadi masalah karena hal tersebut memang disengaja.

Fancy border yang dibuat dengan menggunakan benang yang telah berwarna yang disusun sehingga membentuk konfigurasi warna berupa vector, tulisan, logo dsb.


Saat ini, handuk jenis ini sedang laku dipasaran. Beberapa produsen handuk melakukan terobosan-terobosan dalam hal fancy border ini dengan membuat fancy border dengan tema-tema sesuai pesanan berupa nama orang, nama instansi atau perusahaan, event celebration dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini